July 13, 2021 By usataxpayer.org 0

5 Keutamaan dari Amalan Sholat Dhuha yang Penting Diajarkan kepada Anak

Menanamkan kebiasaan menjalankan kewajiban beribadah kepada anak adalah tugas penting orangtua. Sebenarnya tak hanya ibadah yang bersifat wajib namun juga sunnah. Seperti amalan sholat dhuha yang dapat dijadikan sebagai rutinitas setiap hari. Anak perlu diajarkan cara dan doa sholat dhuha sehingga mereka terbiasa untuk menjalankannya.

Keutamaan Sholat Dhuha

Sebelum mengajarkan kebiasaan sholat dhuha, orangtua sebaiknya memberikan pengertian kepada anak tentang keutamaan ibadah tersebut. Ibadah sunnah satu ini memang memiliki beragam jenis keutamaan. Berikut adalah 5 keutamaan sholat dhuha yang sebaiknya ditanamkan kepada si kecil:

1.                Semakin Dekat dengan Allah

Amalan sholat dhuha akan membuat si kecil semakin dekat dengan Allah. Kedekatan inilah yang sebaiknya ditanamkan sejak usia dini. Sholat dhuha akan membuat anak mengerti bahwa ada sosok Allah yang menjadi pencipta dan maha besar. Pada saat beribadah, anak akan terus mengingat Allah sebagai sosok yang dicintai. Kedekatan ini akan terus dibawa hingga ia tumbuh dewasa nanti.

2.                Mendapatkan Ketenangan Hati

Sholat dhuha juga akan membuat si kecil mendapatkan ketenangan hati. Hal ini juga penting untuk ditanamkan sejak dini. Menanamkan rasa damai kepada anak lewat sholat sangatlah baik untuk membantu mengendalikan emosinya. Anak jadi tidak mudah marah dan lebih sabar. Hal ini akan membantu membentuk karakternya sehingga ia terbiasa menjadi sosok yang penyabar hingga tumbuh dewasa.

3.                Dilapangkan Rezekinya

Sholat dhuha merupakan salah satu amalan yang bisa membuat rezeki kita menjadi lapang. Rezeki tidak harus selalu berupa uang tapi juga bisa berupa kebahagiaan, kasih sayang dari orangtua, dan lain sebagainya. Ajarkan juga kepada anak doa sholat dhuha dengan baik dan benar agar mereka mendapat limpahan rezeki dari Allah.

4.                Meningkatkan Keimanan

Menjalankan ibadah sunah sholat dhuha akan membantu meningkatkan keimanan anak. Iman yang kuat wajib ditanamkan sedini mungkin kepada anak lewat bimbingan orangtua. Biarkan anak tumbuh dengan keimanan yang kokoh sehingga saat tumbuh dewasa nanti iman itu akan semakin kuat. Salah satunya adalah dengan membiasakan si kecil menjalankan ibadah sholat dhuha.

5.                Membentuk Akhlak yang Mulia

Ayah dan ibu memiliki pengaruh besar dalam membentuk sifat atau karakter anak menjadi sosok yang berakhlak. Salah satu caranya adalah dengan mengajak anak mengamalkan ibadah sholat entah itu wajib atau sunnah. Termasuk salah satunya ibadah sholat dhuha yang bisa dijalankan setiap hari. Ini akan membantu anak disiplin dan menjadi sosok yang berakhlak mulia serta lembut hatinya.

 

Itulah 5 keutamaan amalan sholat dhuha yang sebaiknya ditanamkan kepada anak sejak dini. Pastikan untuk membimbing anak sebaik mungkin agar memahami ajaran Islam dengan baik. Gunakan panduan dari artikel parenting islami untuk membentuk karakter si kecil yang taat beragama.